Rabu, 12 Oktober 2022

TUGAS TUTON 1 BAHASA INDONESIA

 Kerjakanlah soal-soal berikut ini dengan baik.

  1. Jelaskanlah perkembangan (peningkatan) bahasa Indonesia berdasarkan hasil kongres VII s.d. XI dengan menggunakan peta konsep (mind mapping).
  2. Masih perlukah bahasa Indonesia bagi bangsa Indonesia saat ini? Penjelasan Anda harus disertai dengan alasan yang logis dan disertai contoh.
  3. Bacalah artikel berikut dengan menerapkan teknik SQ3R!

Sisi Positif Parenting Budaya Jepang

Oleh: Buyung Okita 

Parenting menjadi isu yang hangat dewasa ini. Semakin tinggi kesadaran masyarakat untuk lebih mempelajari bagaimana ilmu-ilmu parenting agar dapat diimplementasikan bagi putra-putrinya, atau sebagai bekal untuk membina rumah tangga di kemudian hari.

Secara sederhana terdapat 4 jenis gaya parenting, yaitu gaya asuh otoriter, berwibawa, permisif, dan terlalu protektif. berikut adalah sedikit penjelasan mengenai keempat gaya asuh tersebut. 

Secara sederhana gaya asuh otoriter adalah gaya asuh di mana orangtua memaksakan kehendaknya tanpa begitu memperhatikan atau mempedulikan bagaimana perspektif sang anak.

Gaya asuh orangtua berwibawa adalah gaya asuh di mana orangtua menjadi panutan yang teladan, memberikan batasan yang cermat untuk putra-putrinya, dan memberikan pujian untuk upaya yang telah putra-putrinya lakukan.

Gaya asuh permisif adalah gaya asuh di mana orangtua tidak memberikan batasan kepada anak-anaknya, semisal tidak memberikan garis yang jelas apa yang boleh dilakukan atau tidak. Memercayakan putra-putrinya untuk melakukan apa yang ia inginkan, cenderung tidak mengintervensi kecuali untuk hal yang bersifat sangat serius.

Gaya asuh overprotektif adalah gaya asuh di mana orangtua sangat melindungi putra-putrinya dari segala hal buruk, rasa sakit, pengalaman yang buruk, dan lain-lain. Karena itu banyak membatasi putra-putrinya di berbagai aspek.

Pernahkah Anda melihat di media seperti film atau kartun digambarkan bahwa anak-anak di Jepang merupakan anak yang patuh? Walaupun di balik itu terdapat unsur kompetitif yang muncul karena adanya harapan orangtua agar putra-putrinya dapat lulus masuk ke sekolah atau kampus yang bergengsi. 

Tentunya unsur kompetitif di satu sisi merupakan hal yang positif, tetapi karena tingkat kompetitif yang tinggi dari harapan orangtua membuat putra-putri merasa tertekan. Bagaimanakah stereotip mengasuh ala orangtua di Jepang yang dapat kita lihat sebagai hal yang positif?

1. Hubungan antara orangtua dan anak yang sangat dekat

Ibu dan anak memiliki hubungan yang sangat dekat. Setidaknya sampai usia 5 tahun anak tidur bersama orangtuanya. Ibu juga selalu menemani di manapun anaknya berada. 

Tidak jarang dapat dilihat bahwa ibu menggendong anaknya sambil melakukan kegiatan rumah seperti menyapu, memasak, berbelanja, dan lain-lain. Bahkan hampir setiap perempuan yang telah melahirkan dan menjadi ibu rela untuk berhenti bekerja dan fokus untuk mendidik anaknya di rumah. 

Pada usia antara 0-5 tahun, anak diperbolehkan melakukan apa saja. Mungkin budaya ini sedikit berbeda dengan negara lain. Yang dimaksud diperbolehkan melakukan apa saja adalah membiarkan anak berksplorasi dengan kegiatan yang ia lakukan.

Namun orangtua tetap menstimulus dengan hal yang positif dan menjadi role model yang baik. Filosofi ini menunjukan, dengan anak dibiarkan aktif menandakan bahwa sang anak tumbuh sehat.

Pada usia 0-5 tahun, anak juga diajak untuk bersosialisasi dengan keluarga dan kerabat sehingga dapat lebih mengenal saudara dan sosial. Orangtua di Jepang juga beranggapan bahwa sebisa mungkin menemani putra-putrinya sehingga anak merasakan kasih sayang orangtuanya. 

2. Orang tua adalah cerminan anak

Studi di Amerika dan Jepang pernah dilakukan untuk mengetahui bagaimana orangtua mengasuh anaknya. Orangtua di Amerika cenderung bersifat netral dan menunjukan anak cara untuk membuat suatu piramida, sesudah itu membiarkan anaknya untuk membuat piramida dengan apa yang telah diajarkan atau dengan caranya sendiri. 

Sedangkan orangtua Jepang cenderung mentransmisikan apa yang ia lakukan kepada anaknya, sehingga orang tua sepenuhnya menjadi role model bagi anaknya.

Setelah fase usia 5 tahun di mana anak boleh bereksplorasi melakukan sesuatu, lalu usia 5-15 tahun anak mulai diajari untuk melakukan kegiatan seperti membersihkan rumah, belajar untuk disiplin, dan melakukan apa yang dilakukan oleh orangtua. 

Fase ini mengajari anak-anak untuk dapat berkontribusi melakukan cara-cara yang telah dilakukan secara turun temurun. Fase ini orangtua memberikan batasan yang jelas mengenai hak dan kewajiban, apa yang boleh dilakukan atau tidak. 

Oleh karena itu kegiatan pendidikan moral di sekolah juga mulai diajarkan tidak hanya sebagai mata pelajaran dan diselipkan di mata pelajaran lain, tetapi juga anak diberikan ruang untuk melakukan kegiatan sosial seperti saling melayani, kegiatan makan siang di sekolah, dan kegiatan lain yang juga kerap dilakukan di sekolah-sekolah Indonesia.

Kegiatan sekolah dan rumah yang bersifat rutin, meskipun terkesan monoton merupakan cara Jepang untuk menbuat anak-anak belajar untuk disiplin.

3. Orangtua dan anak adalah setara

Setelah anak berusia 15 tahun, orang tua mulai memberikan ruang untuk anak dapat lebih mandiri dengan mengurangi batasan yang diterapkan pada fase sebelumnya.

Hubungan tidak hanya sebagai orangtua dan anak, tetapi juga sebagai teman dan setara. Anak didukung untuk menjadi pribadi yang mandiri, dapat berpikir dan menentukan pilihan dan lebih bersifat demokratis.

Fase ini untuk mempersiapkan anak melakukan kegiatan keterampilan bagi dirinya sendiri dan keluarga serta belajar bertingkah laku yang baik dan sopan (menurut adat Jepang). Anak diajarkan untuk mulai independen dan dipersiapkan untuk dapat siap menjadi orang dewasa. 

Setelah usia 20 tahun anak dianggap resmi menjadi dewasa dengan biasanya diadakan upacara hari kedewasaan yang diselenggarakan di distrik/kota setempat yang diikuti oleh pemuda berusia 20 tahun. 

4. Memperhatikan tentang perasaan dan emosi

Selain mengajari dan mempersiapkan anak untuk dapat hidup di komunitas sosial masyarakat yang lebih luas, anak juga diberikan semangat untuk dapat memahami dan menghormati perasaanya sendiri.

Orangtua mengajarkan anaknya untuk melakukan hal yang tidak mempermalukannya. Contohnya tidak menegur anaknya atau menasehati anaknya di muka umum ketika melakukan hal yang dirasa kurang pantas.

Orangtua memilih menunggu situasi dan tempat yang lebih privasi untuk menasehatinya. Anak diajarkan untuk dapat memiliki sikap empati dan saling menghormati orang lain.

Orangtua di Jepang tidak menggangap gaya asuh mereka menjadi gaya asuh yang terbaik. Begitu pula dewasa ini nilai budaya barat pun menginsipirasi cara orangtua di Jepang mendidik anaknya. Namun meskipun terjadi pergeseran dan perubahan, gaya asuh orangtua di Jepang yang menyayangi putra-putrinya tidak berubah.

Setelah membaca sedikit stereotip gaya asuh orangtua di Jepang, dapat dipahami bahwa gaya asuhnya merupakan perpaduan antara sedikit gaya permisif, gaya authoritative (berwibawa).

Sumber: https://www.kompasiana.com/buyungokita/%205f22b2a4d541df59d84bebe2/sisi-positif-parenting-budaya-jepang?page=all#section2

Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan artikel di atas.

  1. Berdasarkan hasil survey (meninjau) Anda, topik/subtopik apa saja yang menurut Anda penting?
  2. Tuliskan daftar pertanyaan (question) berkaitan dengan informasi yang Anda perlukan pada bacaan tersebut.
  3. Berdasarkan hasil membaca (read) Anda, Informasi apa yang Andaperoleh dari bacaan tersebut.
  4. Ceritakan/jelaskan (recite) pengalaman membaca Anda berkaitan dengan bacaan/wacana tersebut.
  5. Berdasarkan langkah akhir dari SQ3R (review), apakah informasi yang Anda perlukan sesuai daftar pertanyaan sudah cukup?

Susunlah tugas saudara dengan mengacu pada modul MKWU 4108 bahasa Indonesia pada halaman 3.25 s.d. 3.30


2. Masih, karena Bahasa Indonesia memiliki arti penting bagi bangsa Indonesia yaitu alat kesatuan seluruh bangsa indonesia dan sebagai alat konjungsi antara budaya yang satu dengan yang lain. Jika tidak ada bahasa Indonesia tidak bisa kita bayangkan bagaimana jadinya jika kita ingin berkomunikasi dengan daerah yang lain, seperti suku Jawa ingin berkomunikasi dengan suku Bugis. Karena setiap suku memiliki bahasa daerahnya masing-masing. Kita tidak akan mengerti apa yang dibicarakan oleh suku lain dan bagaimana suku lain menyampaikan tujuannya. Sebagai contoh ketika kita akan belajar di universitas di luar kota dan memiliki teman dari beragam suku, bagaimana cara untuk berkomunikasinya? Kita mungkin tidak tahu bahasa daerah masing-masing daerah tersebut, oleh sebab itu dibutuhkan bahasa pemersatu yaitu Bahasa Indonesia. 

3. A. Isi Bacaan : Parenting menjadi isu yang hangat dewasa ini. Semakin tinggi kesadaran masyarakat untuk lebih mempelajari bagaimana ilmu-ilmu parenting agar dapat diimplementasikan bagi putra-putrinya, atau sebagai bekal untuk membina rumah tangga di kemudian hari. 

Terdapat 4 jenis gaya parenting, yaitu gaya asuh otoriter, berwibawa, permisif, dan terlalu protektif. Judul : Sisi Positif Parenting Budaya Jepang Penulis : Buyung Okita Sumber: https://www.kompasiana.com/buyungokita/%205f22b2a4d541df59d84bebe2/si sipositif-parenting-budaya-jepang?page=all#section2 

B. Apa itu Parenting ? Sebukan 4 jenis gaya parenting! Bagaimana stereotip mengasuh ala     orangtua di Jepang sebagai hal yang positif? 

 C. Pentingnya Parenting dalam membina rumah tangga serta anak. 

 D. Parenting merupakan gaya atau pola asuh orang tua terhadap anak -Terdapat 4 jenis gaya parenting, yaitu gaya asuh otoriter, berwibawa, permisif, dan terlalu protektif. -Mengasuh ala orangtua di Jepang yang dapat kita lihat sebagai hal yang positif antara lain : Hubungan antara orangtua dan anak yang sangat dekat, Orang tua adalah cerminan anak, Orangtua dan anak adalah setara, Memperhatikan tentang perasaan dan emosi. 

E. Pada bacaan ini sudah cukup jelas menggambarkan sisi positif parenting budaya jepang, dimana terdapat 4 gaya orang tua dalam mengasuh anak seperti gaya asuh otoriter, berwibawa, permisif, dan terlalu protektif.

Selasa, 11 Oktober 2022

TUGAS TUTORIAL 1 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Bacalah soal berikut dengan cermat, kemudian saudara jawab dan diunggah pada tempat yang telah disediakan:

1. Konstruksi pengertian iman dalam Al-quran berkaitan dengan assyaddu hubban (QS. Al-Baqarah (2): 165), qalbumata, dan telinga (QS. Al-A’raaf (7):179).

  1. Tuliskan ayat dan terjemah QS. Al- Baqarah (2) : 165 dengan teliti dan benar!
  2. Jelaskan pengertian hubban dalam ayat tersebut?
  3. Jelaskan pengertian iman kepada Allah SWT menurut ayat tersebut?
  4. Tuliskan ayat dan terjemah QS. Al-A’raaf (7):179 dengan teliti dan benar!
  5. Jelaskan pengertian iman kepada Allah SWT menurut ayat QS. Al-A’raaf (7):179 tersebut?
  6. Jelaskan secara ringkas pengertian iman kepada Allah SWT dari kedua ayat tersebut?

2. Manusia berbeda dengan makhluk lainnya dari segi fisik, non fisik dan tujuan penciptaannya. Namun, kesempurnaan manusia lebih ditekankan kepada aspek non fisik dan pencapaian tujuan penciptaan tersebut daripada aspek fisik. Hal ini diantaranya diisyaratkan dalam kandungan ayat-ayat Q.S. Ali-Imran (3): 190-191 dan Q.S. Qaaf (50):16.

  1. Tuliskan terjemah Q.S. Ali-Imran (3): 190-191 dan jelaskan secara ringkas hakikat manusia menurut kedua ayat tersebut!
  2. Tuliskan terjemah Q.S. Qaaf (50): 16 dan jelaskan secara ringkas hakikat manusia menurut ayat tersebut!
  3. Jelaskan hakikat kesempurnaan manusia menurut ketiga ayat tersebut!

3. Manusia dari sisi perwujudannya sebagai makhluk sosial, bertempat tinggal dan berinteraksi dengan sesamanya dalam waktu yang lama dalam suatu masyarakat.

  1. Jelaskan pengertian terminologis tentang masyarakat ?
  2. Jelaskan asal-usul masyarakat menurut fitrah manusia dalam QS. Al-Hujuraat: 13 dan QS. Az-Zukhruf: 32
  3. Jelaskan kriteria masyarakat beradab dan sejahtera dari sudut pandang masyarakat madani!
  4. Sebutkan dan jelaskan prinsip-prinsip umum masyarakat beradab dan sejahtera!

 

TUGAS TUTORIAL 1

READING / BING4121


Question 1

Why do we know so little about the life of William Shakespeare when we know comparatively so much about the lives of his less accomplished peers? Our lack of knowledge about Shakespeare has inspired countless conspiracy theories. The actual writing of Shakespeare’s works has been attributed to others from contemporary playwrights Christopher Marlowe and Ben Johnson to the brilliant Renaissance scientist and philosopher Francis Bacon. Shakespeare was an immensely successful dramatist as well as a prosperous property owner. Circumspect, and only too aware of the government-inspired branding of Johnson, its torture of Thomas Kyd, and its murder of Marlowe, Shakespeare kept himself nearly anonymous. Wary to the end, Shakespeare led a life virtually without memorable incident, as far as we can tell.

a. Circumspect and wary are synonyms. In the context of the passage, what do they mean?

b. Write down two words that start with spect-!

c. How do the roots circum- and spect- relate to the definition of circumspect?

Answer :

  1. In the passage, circumspect and wary mean is cautious. Branding, torture and murder are all scary prospects, so Shakespeare would have been cautious and careful.
  2. Spectator, Spectacle, Inspect
  3. Circumspect literally means “looking around” (cautiously) which combines the roots circum and spect.

Question 2

The world around us is filled with sound. There are loud sounds and soft sounds. There are pleasant sounds and unpleasant sounds. At this very moment, you are surrounded by sound. Where does sound come from? How does it get to your ears? Why are there different kinds of sound? The study of these questions about sound is called acoustics.

Imagine a cymbal hit with a drumstick. The cymbal shakes rapidly, and this vibration causes the tiny particles in the air around it to vibrate. These vibrating air particles, called molecules, bump into the air particles next to them and make them vibrate. This spreading vibration moves outward in every direction from the cymbal in waves.

When a small object is made to vibrate, the sound waves move up and down very quickly. This produces a high-pitched sound, like a high note in a song. When a large object is made to vibrate, the sound waves move up and down more slowly. This produces a low-pitched sound, like a low note in a song. Hitting a small cymbal makes a more high-pitched sound than hitting a large cymbal.

a. Write the context clues that give a hint to the meaning of each of acoustics word!

b. Write the context clues that give a hint to the meaning of each of vibration word!

c. Write the context clues that give a hint to the meaning of each of high-pitched word!

Answer :

a.      Acoustics = Study of

b.     Vibration = Shake rapidly

c.      High-pitched = High note in a song

Question 3

March 17th is an Irish holiday which honours the patron saint of Ireland, St Patrick, 1. ............. brought Christianity to the Irish people. According to tradition, St Patrick, 2. ............. father was a wealthy man, was actually born in England. At the age of 16, he was kidnapped by pirates and sold as a slave. Some years later, he escaped to France, 3. ................ he lived for many years and became a priest. At the age of 60, 4. .................... he returned to Ireland, he built his first church. On March 17th, the day 5. .................. St Patrick died, people wear green clothes decorated with the shamrock, which  is the national symbol of Ireland.

a. Complete the passage with relative pronoun

(1…….; 2……; 3…….; 4……..; 5…….)

b. Write three noun phrases in the text above

(1……; 2…..; 3……)

c. Identify coordinating conjunction in the text above

Answer :

a.      1. Who

2. whose

3. where

4. when

5. when

     b. -wealthy man

         -his first church

         -green clothes decorated with the shamrock

     c. Coordinating conjunction in the text above is “and". Coordinating conjunction in the  

         text is “At the age of 16, he was kidnapped by pirates and sold as a slave”

Minggu, 09 Oktober 2022

 Tugas 1 WRITING

1. Writing A Descriptive Text (points 80)

Write a descriptive text about your favorite place to hang out. Your writing should include the description of the location, the place design, the rooms/spaces, the environment surrounding, the interior design, and the reason why you love the place. Your writing should contain 150-300 words. 

2. Choose below adjective words (at least 6 words) and describe a person based on the picture (choose one) in one paragraph (or more). Your writing should contain 50-150 words. (points 20)

Physical and Personal Characteristic Adjectives:

 

a) Age: young, old, middle aged

b) Height: tall, short

c) Body: athletic, small, well built, slim, thin, fat

d) Hair: long, curly, wavy

f) Eyes: hazel, nearsighted

g) Colors: brown, dark

h) Characters: friendly, nice, open, interesting, strong, shy, outgoing, optimistic, focused, driven, lazy, patient, bored, boring, energetic, successful

Person A:                                                        

(https://day6.fandom.com/wiki/Young_K)

Person B

(https://www.gramedia.com/best-seller/daftar-buku-favorit-rekomendasi-oprah-winfrey/)

Person C

(https://www.viva.co.id/siapa/read/1034-tompi)


TUGAS TUTORIAL 1

WRITING

1. Descriptive text about your favorite place to hang out

In my free time I like to spend time to go to Prambanan Temple. Prambanan Temple is the largest Hindu temple in Indonesia. Some of the Prambanan temple locations are in Sleman Regency and partly in Klaten Regency. The location of Prambanan temple is easy to find because it is close to the Jogja-Solo highway, so transportation access is also easy to reach. 

Prambanan temple consists of 3 Trimurti temples namely Shiva, Vishnu, and Brahma temples, 3 Wahana temples namely Nandi, Garuda, and Angsa temples, 2 Apit temples which are located between the rows of Trimurti temples and Wahana temples on the north and south sides, 4 Kelir temples are located in the 4 cardinal directions right behind the entrance to the inner courtyard or core zone. The Prambanan temple complex consists of a lower background, a middle background and an upper background (central background) which gets deeper and higher. Near the Prambanan temple there is a place to hold a performance. There are two locations, namely indoor and outdoor. The temple plan follows the mandala pattern and the towering shape of the temple is a hallmark of Hindu temples.

 To get to the location of the Prambanan temple, we can use private or public transportation. In my opinion, Prambanan temple has an architectural building that is quite unique, interesting, and mysterious, that's why many visitors come every year.












2. Her name is Oprah Gail Winfrey or people often call her Oprah Winfrey, she was born at January 29, 1954 on Kosciusko, Mississippi, United States of the America, this year she is 68 years old, based on her age, she has already classified as old age. She’s short and fat, her tall is 1,69 meters and her weight is 90 kilograms, she has long curly brown hair, she has hazel eyes, and her skin tone is brown. Her personality is nice and friendly, she like to talk with another people, that’s because of her profession is host of TV show.



 TUGAS TUTORIAL KE-1 Bahasa Inggris

Bacalah percakapan di bawah ini. / Please read the conversation below.

Helen: Hey, Jane!

Jane: Oh hey, I didn’t see you there. Did you already get a table? Helen: Yeah, right over here.

Jane: I’m glad we had time to meet up. Helen: Me too. So, what’s going on?

Jane: Oh, not much. You?

 Helen: Not much. Hey, how did your interview go? Wasn’t that today?

Jane: Oh, yeah. I think it went well. I don’t know if I got the job yet, but they said they would call in a few days.

Helen: Well, I’m sure you did great. Good luck.

Jane: Thanks. I’m just happy that it’s over. I was really nervous about it. 

Helen: I can understand that. I get nervous before interviews, too.

Jane: Well, thanks for being supportive. I appreciate it. Helen: Sure, no problem.

Pertanyaan / Questions

1.         Identifikasi ragam bahasa apakah yang digunakan dalam percakapan tersebut dan jelaskan alasannya. / Identify what style of language used in the conversation and explain your answer.

2.         Identifikasi topik percakapan tersebut. / Identify the topic of the conversation.

Perhatikan gambar di bawah ini. / Please look at the picture below.


Anggaplah gambar tersebut adalah tempat kerja Anda. Tulislah sebuah paragraf deskripsi singkat dalam bahasa Inggris mengenai tempat kerja tersebut sebanyak kurang lebih 100-200 kata. / Imagine it is a picture of your office. Write a descriptive paragraph about the place in 100-200 words.

 Gunakan poin-poin berikut sebagai acuan Anda dalam menulis: / Use these points as your guidelines when writing:

·         Kalimat utama / pengantar / introduction

·         Lokasi kantor / location of the office

·         Hal menarik yang ada di ruang kerja / interesting features of the office

·         Perasaan atau kesan Anda terhadap ruang kerja / what you feel about the offic

Perhatikan memo bawah ini. / Please read the memo below.

To: All Employees From: Manager Date: 4 August 2021

Subject: Invitation to Attend Farewell Ceremony

This is to inform you that the farewell ceremony in honour of Jesse Carrillo, Marketing Manager, is going to be held at 10 a.m. on the 25th of August in Conference Room A. He is leaving us after 12 years of dedicated service. All staff are requested to attend the ceremony without any exception.

Thank you and see you at the ceremony. Best,

Jonathan Stewart Manager

Pertanyaan / Questions

Please identify:

a.       the sender of the memo,

b.       for whom the memo is for, and

c.        what the memo is about

4. Anda tertarik untuk mengikuti kompetisi My City Got Talent tetapi tidak dapat menemukan informasi di mana formulir bisa diunduh. Tulislah sebuah email berdasarkan situasi tersebut sebanyak 50-100 kata yang berisi:

·        Salutation

·        Pembuka

·        Isi

·        Penutup


TUGAS TUTORIAL KE-1

BAHASA INGGRIS 

ANSWER NUMBER 1

1.   Variety of language used using informal or casual language . The reason is that conversations and conversations that use  casual language are important for breaking silence between listeners, gaining good relationships with other people, showing a polite attitude when interacting with other people, and showing interest in a topic or other people by listening to their  opinions.

2.   The conversation above explains how they were asked about and the job interview they felt when they first felt nervous.

ANSWER NUMBER 2

Hello, I'm Nisa, I work as a private tutor for elementary school every Monday to Friday. My office address is at Jalan Salak. Tegal City and the name is "CREATIVE COURSE ". My office has 6 rooms including office space, guest room, English class room, elementary class room, prayer room and canteen. The room for teaching myself is quite unique because we don't use chairs but sit on a pedestal, there is also a special cupboard to store books and stationery, this room is clean and uses air conditioning. I am quite comfortable to work there because of the cleanliness. Most of my students are of Chinese, Javanese and Arabic etcnic.

ANSWER NUMBER 3

a.   Sender of memo :

              Jonathan Stewart

              Manager

b.   The memo is to be addressed to all employees

c.   The memo is about the invitation to Attend Farewell Ceremory.

We hereby inform you that a farewell ceremony in honor of Jesse Carrillo, Marketing Manager, will take placewhich will be held at 10 am on August 25 in Conference Room A. He left us after 12 yearsspecial service. All staff are required to attend the ceremony without exception.

              ANSWER NUMBER 4

              Hi, Ayu

            How are you ? I hope you're okay. Do you know any information about My City Got Talent?                  I'm  interested in entering the My City Got Talent competition but can't find any information on              where to download the form. I would be glad if you knew. Thanks Ayu.

             Nisa

Selasa, 04 Oktober 2022

 Sesi 3 Bahasa Indonesia

Saudara peserta tutorial yang berbahagia, pada diskusi ketiga ini Anda berlatih menerapkan metode SQ3R. Ungkapkanlah pengalaman Anda, apa saja yang Anda peroleh dari metode SQ3R. Ungkapkan pula kelebihan dan kelemahan metode SQ3R. Silakan saling memberi tanggapan.

Menurut saya metode SQ3R pada prinsipnya merupakan singkatan dari langkah-langkah membaca untuk mempelajari teks yang meliputi: Pertama, Survey yakni memeriksa atau meneliti atau mengidentifikasi seluruh teks. Kedua, Question, yakni menyusun daftar pertanyaan yang relevan dengan teks. Ketiga, Read, yakni membaca teks secara aktif untuk mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah tersusun. Keempat, Recite, yakni menghafal setiap jawaban yang telah ditemukan. Kelima, Review, yakni meninjau ulang seluruh jawaban atas pertanyaan yang tersusun pada langkah ke dua dan ketiga.

Langkah-langkah Model pembelajaran SQ3R antara lain :
1. Survey (Memeriksa dan Meneliti)
Langkah pertama, dalam melakukan aktivitas survey, memeriksa atau meneliti secara singkat seluruh struktur teks. Tujuannya adalah mengetahui panjangnya teks, judul, bagian (heading) dan judul subbagian (subheading), istilah dan kata kunci, dan sebagainya. Dalam melakukan survey, dianjurkan menyiapkan pensil, kertas, dan alat pembuat ciri (berwarna kuning, hijau, dan warna lainnya) seperti stabilo untuk menandai bagian-bagian tertentu. Bagian-bagian penting dan akan dijadikan bahan pertanyaan, perlu ditandai untuk memudahkan proses penyusunan daftar pertanyaan pada langkah selanjutnya.
2. Question (Bertanya)
Langkah ke dua, menyusun pertanyaan-pertanyaan yang jelas, singkat, dan relevan dengan bagian-bagian teks yang telah ditandai pada langkah pertama. Jumlah pertanyaan tergantung pada panjang pendeknya teks, dan kemampuan dalam memahami teks yang sedang dipelajari.
3. Read (Membaca)
Langkah ketiga, membaca secara aktif dalam rangka mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah tersusun. Dalam hal ini membaca secara aktif juga berarti membaca yang difokuskan pada paragraf-paragraf yang diperkirakan mengandung jawaban-jawaban yang diperkirakan relevan dengan pertanyaan tadi.
4. Recite (Menceritakan kembali)
Langkah keempat, menyebutkan lagi jawaban-jawaban atas pertanyaan yang telah tersusun, untuk tidak membuka catatan jawaban.
5. Review (Mengulangi)
Pada langkah kelima, langkah terakhir (review), meninjau ulang seluruh pertanyaan dan jawaban secara singkat.

Kelebihan model SQ3R :
- Terbiasa berpikir terhadap bahan bacaan sehingga menjadi lebih aktif dan terlatih untuk bisa membuat pertanyaan.
- Berusaha memikirkan jawaban-jawaban dari pertanyaan yang mendalami isi bacaan atau teks tersebut.
- Dapat bekerjasama dalam kelompoknya untuk saling bertukar pendapat dalam memahami konsep materi yang disajikan dalam uraian teks.

Kekurangan model SQ3R :
-Alokasi waktu yang digunakan untuk memahami sebuah teks dengan model SQ3R mungkin tidak banyak berbeda dengan mempelajari teks biasa. Akan tetapi, hasil dengan menggunakan model SQ3R dapat diharapkan lebih memuaskan, karena dengan metode ini pembaca aktif dan terarah langsung pada intisari atau kandungan pokok yang tersirat dan tersurat dalam teks.
- Sulit dikondisikan (ramai) saat berdiskusi dengan teman sebangkunya dalam mempelajari teks materi pelajaran.

Sekian dan terimakasih
Sumber Soedarso. (2000). Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif.
Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Senin, 03 Oktober 2022

Sesi 3 Pendidikan Agama Islam

 Coba  perhatikan pernyataan berikut ini, kemudian diskusikan dengan teman saudara 

  1. Manusia pertama diciptakan oleh Allah adalah adam, kemudian beranak pianak dan membentuk sebuah masyarakat. Menurut Aristoteles, manusia adalah zoon politicon (man is social animal) dimana manusia tidak bisa hidup sendiri, hal yang sama dijelaskan oleh Bouman bahwa Manusia baru menjadi manusia setelah manusia itu hidup dengan manusia lainnya. Masyarakat adalah sejumlah individu yang hidup bersama dalam suatu wilayah tertentu, bergaul dalam jangka waktu yang lama sehingga menimbulkan kesadaran pada diri setiap anggotanya sebagai suatu kesatuan.

          Jelaskan secara singkat asal usul pembentukan masyarakat?

2.  Untuk mencapai sebuah tujuan, setiap manusia wajib memiliki prinsip-prinsip yang harus dipegang teguh oleh manusia. Begitu juga untuk menciptakan masyaraka madani harus memiliki prinsip-prinsip yang harus dipegang teguh dan diimplentasi dalam tatanan kehidupan umat manusia. Prinsip-prinsip tersebut adalah 1) keadilan, 2) supremasi hukum 3), egalitarianisme (persamaan), 4) pluralisme, 5) pengawas sosial.

Jelaskan kelima prinsip tersebut!

3.  Agama sejatinya selalu membawa kedamaian, kenyamanan, dan ketentraman baik bagi pemeluknya ataupun      bukan pemeluknya karena setiap agama selalu memberikan keselamatan bagi pemeluhnya masing-masing. Maka setiap orang berhak untuk meyakini agama mana yang menjadi jalan hidupnya. Namun, masih banyak pemeluk yang mengklaim bahwa agama sendiri yang paling benar disertai keyakinan agama orang lain harus dimusnahkan, sebagaimana insiden di bangsa kita Indonesia seperti Situbondo (Jawa Timur), Ketapang (Jakarta) di mana gereja dibakar oleh umat Islam, Kupang (Nusa Tenggara Timur) di mana masjid dibakar oleh umat Kristiani. Belum lagi kasus Maluku dan Poso yang yang pernah menjadi tragedi kelam dalam sejarah Indonesia. Salah satu penyebabkan adalah karena kesempitan berfikir dalam beragama. Untuk itu, dibutuhkan peran umat beragama.

Jelaskan bagaimana Peran yang dapat dilakukan oleh umat beragama dalam mewujudkan masyarakat       madani?


1. Asal usul pembentukan masyarakat bermula dari fitrah manusia untuk bersama dengan orang (makhluk sosial). Dari sini kemudian mereka berinteraksi satu sama lain dalam jangka waktu yang lama sehingga menimbulkan hubungan sosial yang pada gilirannya menumbuhkan kesadaran akan kesatuan. Untuk menjaga ketertiban daripada hubungan sosial itu, maka dibuatlah sebuah peraturan.
Dalam perkembangan berikutnya seiring dengan berjumlahnya individu yang menjadi anggota tersebut dan perkembangan kebudayaan, masyarakat berkembang menjadi sesuatu yang kompleks. Maka muncullah lembaga sosial, kelompok sosial, kaidah-kaidah sosial sebagai struktur masyarakat dan proses sosial dan perubahan sosial sebagai dinamika masyarakat. Atas dasar itu, para ahli sosiologi menjelaskan masyarakat dari dua sudut yaitu struktur dan dinamika.

2. Prinsip –prinsip untuk mewujudkan masyarakat madani :
a. Keadilan merupakan sunnatullah dimana allah menciptakan alam semesta ini dengan prinsip keadilan dan keseimbangan. Dalam al-qur’an keadilan itu disebut sebagai hukum keseimbangan yang menjadi hukum jagat raya. Keadilan juga merupakan sikap yang paling dekat dengan takwa, karena itu setiap praktik ketidakadilan merupakan suatu bentuk penyelewengan dari hakikat kemanusiaan yang dikutuk keras oleh al-qur’an.
b. Supremasi hukum merupakan usaha mewujudkan dan menetapkan hukum kepada siapa pun tanpa pandang bulu, bahkan kepada orang yang membenci kita sekalipun, kita tetap harus berlaku adil.
c. Egalitarianisme merupakan persamaan, tidak mengenal sistem dinasti geneologis. Artinya bahwa masyarakat tidak melihat keutamaan atas dasar keturunan, ras, etnis melainkan atas prestasi, karena semua manusia dan warga masyarakat dihargai bukan atas dasar geneologis melainkan atas prestasi yang dalam bahasa al-qur’an adalah takwa. Oleh karena prinsip ini maka akan terwujud keterbukaan di mana seluruh anggota masyarakat berpartisipasi untuk menentukan pemimpinnya dan dalam menentukan kebijakan-kebijakan publik.
d. Pluralisme merupakan sikap dimana kemajemukan adalah sesuatu yang harus diterima sebagai bagian dari realitas obyektif. Pluralisme yang dimaksud tidak sebatas mengakui bahwa masyarakat itu plural melainkan juga harus disertai dengan sikap yang tulus bahwa keberagaman merupakan bagian dari karunia allah dan rahmat-Nya karena akan memperkaya budaya melalui interaksi dinamis dengan pertukaran budaya yang beraneka ragam itu. Kesadaran pluralism diwujudkan untuk sikap toleran dan saling menghormati di antara sesama anggota yang berbeda, baik berbeda dalam hal etnis, suku, ras, bangsa maupun agama.
e. Pengawasan sosial merupakan suatu konfigurasi untuk mencegah penyimpangan sosial serta mengajak dan mengarahkan masyarakat untuk berperilaku dan bersikap sesuai norma dan nilai yang berlaku.

3. Beberapa peran yang harus dilakukan oleh umat beragama dalam mewujudkan masyarakat madani :
a. Menumbuhkan saling pengertian antar sesama umat beragama. Peran ini bisa dilakukan melalui dialog intensif. Dialog tersebut dilakukan, sebagaimana dikemukakan oleh Mukti Ali dengan cara mempertemukan antara orang-orang atau kelompok dari agama atau ideology yang berbeda untuk sampai pada pengertian bersama tentang berbagai isu tertentu, untuk setuju dan tidak setuju dengan sikap yang penuh apresiasi dan karena itu untuk bekerja sama, menemukan rahasia makna kehidupan ini.
b. Melakukan studi-studi agama dengan tujuan menghayati ajaran agama masing-masing, membangun suasana iman yang dialogis, menumbuhkan etika pergaulan antara umat beragama, kesadaran untuk menghilangkan bias-bias dari satu umat beragama terhadap umat agama lain, menghancurkan rintangan-rintangan budaya yang ada pada masing-masing umat beragama seperti eksklusivisme, menumbuhkan kesadaran pluralism, menumbuhkan kesadaran akan perlunya solidaritas dan kerja sama untuk menyelesaikan masalah-masalah kemiskinan, keterbelakangan, ketidakadilan.
c. Melakukan usaha-usaha penumbuhan sikap-sikap demokratis, pluralis dan toleran kepada umat beragama sejak dini melalui pendidikan.
d. Mengerahkan energi bersama untuk mewujudkan cita-cita bersama membangun masyarakat madani.

sumber Modul MKDU4221


Sabtu, 01 Oktober 2022

Sesi 3 Bahasa Indonesia

Hi all,

Having learned the materials in Session 3, now please discuss the following questions.

  1. How would you explain the difference between memo and email?
  2. Imagine you are working in another city/overseas. Write an email to one of your family members stating how you are and that your contract almost ends so you will be back home soon.

For question 1, you can answer either in English or Indonesian.

For question 2, you must write in English.

Memo is a concise message, which is a message written by someone in a short, clear, and easy to understand way. According to its use, there are official and private (unofficial) memos. Official memos are used as statements in official relationships from a leader to subordinates. Private memos are used as notes or informal statements between friends, relatives, or other people who have close relationships.

Email is an abbreviation of Electronic Mail, which is a means of sending letters via the internet. The internet media in question can be through a computer or mobile phone that has internet access. In general, sending regular mail will incur a fee (Buying Stamps) but in Electronic Mail only an internet connection is needed.


To : My mom

Dear Mom...
How have you and  family been lately in Indonesia?
I hope mom and family there are fine
I am here fine and healthy, I miss there. Next month my work conctract ends and l will return to Indonesia soon. I have brought gifts for mom, l hope you are like it. See you soon mom,  fine and healthy always, i love u so much and greeting love to mom and family. Please pray for me that my return trip to Indonesia goes well. Thank you.

See you, mom…
Nisa


Sumber : Sikka Mutiara Silmi. (2001). Panduan Menulis Surat Lengkap.Yogyakarta:Absolut

Rangkuman Exam Reading

  Soal Reading When a sound is created, it travels from its source in waves, called sound waves. Different sources, or causes, of sounds ...